Minggu, 20 Mei 2012

managemen keuangan


BAB I
PENDAHULUAN
I.         PERMASALAHAN
Bagi kalangan akademis dan praktisi bisnis Indonesia, perlu diketahui bahwa menurut kajian suatu lembaga penelitian yang berpusat di Hongkong, dunia bisnis Indonesia diklasifikasikan nomor 3 terburuk ditinjau dari corporate governance (penglolaan perusahaan). Bila hal ini terus dibiarkan berlarut-larut maka kehidupan bisnis Indonesia akan dijauhi oleh para investor luar negeri, padahal Indonesia memerlukan investasi yang besar untuk menggerakan roda perekonomannya. Keterpurukan bisnis Indonesia tersebut tidak terlepas dari masalah manajemen keuangan. Oleh karena itulah, masalah manajemen keuangan dibahas dalam makalah ini.
Suatu perusahaan harus tahu bagaimana mengelola segala unsur dari segi keuangan. Hal ini wajib dilakukan karena keuangan mrupakan salah satu fungsi penting dalam pencapaian suatu perusahaan. Oleh karena itu suatu perusahaan harus mengetahui aktifitas keuangnnya. Khususnya penganalisian sumber dana dan penggunaannya untuk memberikan keuntungan maksimum bagi perusahaan.
II.      RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini kami mencoba menyuguhkan berbagai aspek yang terdapat pada suatu bisnis, antara lain:
1.      Kegiatan Manajemen Keuangan
2.      Ruang Lingkup Manajemen
3.      Penyusun Anggaran
4.      Akuntansi Keuangan
5.      Penyusun Laporan Keuangan
6.      Analisis Rasio
7.      Pendanaan
BAB II
MANAJEMEN KEUANGAN
I.         KEGIATAN MANAJEMEN KEUANGAN
1.         Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan (financial management) adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi keuangan, dimana fungsi manajemen keuangan meliputi penghimpunan dan pendayagunaan dana.[1]
Penghimpunan dana biasanya berasal dari internal dan eksternal perusahan. Sumber dana dari dalam perusahaan meliputi: penggunaan laba perusahaan,  penggunaan dana cadangan,  dan penggunaan laba ditahan (keuntungan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham)[2]. Sedangkan  sumber dana dari luar  perusahaan meliputi: modal pemilik perusahaan dan dana pihak lain berupa leasing (perjanjin kontrak antara lessor dengan lesse), pegadaian, maupun kerjasama bank syariah.[3]
Pendayagunaan perusahaan biasanya dibagi dalam penggunaan jangka pendek dan jangka panjang. Penggunaan jangka pendek digunakan untuk aktiva lancar seperti kas, surat-surat berharga, piutang, dan persediaan. Sedangkan jangka pendek digunakan untuk aktiva tetap seperti asset tanah, bangunan, dan peralatan.
2.         Kegiatan Keuangan dalam Bisnis
Kegiatan keuangan dapat digambarkan sebagai berikut: “kegiatan merencanakan, mengorganisir, mengawasi pencarian dana untuk modal kerja atau investasi, dan mengelola laba yang diperoleh maupun mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.”
Selain penggambaran di atas, kegiatan yang dilakukan manajemen keuangan dapat dikelompokan sebagai berikut:
a.  Financing decision untuk kegiatan mencari dana dan mengelolanya.
b.  Investment decision untuk kegiatan mengevaluasi rencana investasi fisik
c.  Deviden decision untuk kegiatan mengelola surat berharga dan melayani investor.[4]
Tujuan yang ingin dicapai dalam manajemen keuangan adalah memaksiamalkan nilai (value) perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.

II.      LINGKUNGAN MANAJEMEN KEUANGAN
Manajemen keuangan dalam bisnis meliputi manajemen modal kerja, manajemen kas, manajemen piutang, manajemen persedian, manajemen investasi fifik (real investment).
1.    Manajemen Modal Kerja
Modal menurut Bambang Riyanto (2001) menurut pengertian klasik berarti hasil produksi yang digunakan untuk produksi selanjutnya.[5] Modal kerja memiliki beberapa  ukuran yaitu: Ukuran kuantitatif adalah seluruh aktiva lancar, meliputi: kas, piutang, persedian, dan penyertaan. Ukuran kualitatif adalah modal kerja yang riil dapat dioperasikan dalam bisnis yang diukur dengan total aktiva lancar dikurangi utang lancar. Ukuran fungsional adalah modal kerja yang menitikberatkan kepada manfaat dari dana yang dimiliki dalam menghasilkan laba.
Kegiatan manajemen modal kerja meliputi: merencanakan jumlah modal kerja, mengelola dengan efesien, dan mengevaluasi untuk perbaikan.
a.      Mencari sumber dana
Sumber dana perusahaan dapat diperoleh secara internal dan eksternal. Sumber dana internal dapat berupa laba yang ditahan dan depresiasi; sedangkan sumber dana eksternal dapat berupa pinjaman dari bank, penjualan surat-surat berharga ke pasar modal baik berupa obligasi sebagai utang perusahaan, penjualan saham sebagai modal perusahaan. Prinsip dalam menentukan sumber dana adalah memilih sumber dana yang memiliki biaya capital (cost of capital) yang lebih rendah dari sumber dana lain. Cost of capital adalah biaya yang harus dikeluarkan dari sumberdana yang dipegunakan perusahaan berupa bunga / bagi hasil yang harus dibayar jika berasal dari utang dan lain-lain.[6]
b.      Prinsip Pengelolaan Modal Kerja
Modal kerja yang dimiliki oleh perusahaan harus dipergunakan untuk membiayai seluruh kegiatan rutin peruahaan, mengganti kerugian bila terjadi, membayar hutang perusahaan dan pengeluaran lain oleh perusahaan.
Prinsip pengelolaan modal kerja adalah menghindari deficit atau surplus sehingga tidak terjadi kekurangan atau kelebihan modal kerja, karena jika terjadi deficit maka harus ditutupi dengan hutang jangka pendek, dan jika terjadi surplus maka harus dialokasikan untuk investasi jangka pendek agar tidak ada dana yang menganggur.
2.    Manajeman Kas
Prinsip-prinsip dalam manajemen kas, berarti:
a.       Kas masuk: mempercepat proses transfernya sehingga secepatnya menjadi milik perusahaan.
b.      Kas keluar: memperlambat dalam masa aman dalam kepentingan pembayaran kepada pihak lain.
c.       Saldo kas: menghitung jumlas saldo kas optimum sehingga sisanya dapat ditanamkan dalam financial investment.
Financial investment adalah investasi jangka pendek dalam bentuk surat berharga, atau sekedar dititipkan kepada lembaga keuangan.
3.    Manajemen Piutang
Transaksi piutang dagang terjadi akibat perusahaan menjual produknya secara kredit. Jadi piutang merupakan suatu dana milik perusahaan yang tertanam di pihak lain yaitu pembeli. Dalam manajemen piutang diperlakukan prinsip 5C, 3R dalam penjualan kredit. Prinsip 5R adalah evaluasi terhadap character, capacity, collateral, capital, dan condition calon pembeli. Prinsip 3C adalah tentang return, repayment capacity, risk bearing ability dari usaha pembeli.
4.      Manajemen Persediaan
Hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen persediaan adalah mengupayakan keefisiensian biaya dari pembelian bahan baku sampai dengan penyimpanan. Upaya efisiensi tersebut dapat dilakukan dengan metode Economic Order Quatity jika pembeliannya rutin, produksinya stabil, bahan selalu tersedia dan biaya pesan serta simpan dalam jumlah tetap. Cara kedua dapat dilakukan dengan mengefisiensinkan biaya pembelian dengan menerapkan metode re-order point.
5.      Manajemen Investasi Fisik (Real Investment)
Manajemen investasi fisik adalah upaya yang dilakukan untuk mengevaluasi setiap rencana investasi fisik atau menambah aktiva tetap.[7] Evaluasi ini dapat dilakukan dengan menganalisis studi kelayakan dari aspek keuangan yaitu menghitung nilai waktu dan uang.

III.   PENYUSUNAN ANGGARAN
Anggaran diartikan sebagai perencanaan atau penerjemahan sebuah program kerja yang diungkapkan dalam bentuk keuangan. Keputusan anggaran yang diambil merupakan pelaksanaan fungsi manajemen organisasi. Kegunaan dari penyusunan anggaran antara lain yaitu: hasil yang diharapkan dari suatu rencana dapat diproyeksikan sebelum rencana tersebut dilaksanakan, sebagai dasar penilaian prestasi yang dihasilkan (dilihat dari tolak ukur prestasi), memaksakan adanya organisasi yang baik sehingga setiap manajer mengerti kukuasaan dan kewajibannya, meningkatkan peran serta semua lini manajemen.
Sekalipun tingkat kepentingannya telah diakui, akan tetapi anggaran mempunyai bebrapa kelemahan-kelemahan yang harus diperhatikan antara lain: taksiran tidak terlalu tepat, harus disesuaikan dengan keadaan yang selalu berubah-ubah. Dalam penyusunan anggaran dikenal dengan istilah master budget atau anggaran induk. Anggaran ini terdiri atas kumpulan prakiraan yang saling berkaitan dan terkoordinasi yang merupakan rencana yang lengkap untuk periode anggaran yang akan datang.

IV.   AKUNTANSI KEUANGAN
Setiap perusahaan memerlukan system pencatatan dan pembukuan untuk mengetahui aktifitas usaha dan hasil usaha yang telah dicapai. Akuntansi memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan, antara lain: memberikan informasi mengenai seluruh transaksi bisnis yang telah dilakukan perusahaan dan dampak yang dihasilkan, memberikan informasi perkembangan yang dialami perusahaan, menjadi dasar analisis kondisi keuangan dan operasional perusahaan, menjadi dasar pembuatan laporan keuangan dalam rangka penganjuan pinjaman atau penawaran investasi dan penggabungan usaha.
Perusahaan menggunakan akuntansi adalah untuk mngetahui kondisi keuangan, mendukung pengambilan keputusan dan operasi usaha mereka. Oleh karena itu akuntansi harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum (Generally Accepted Accounting Principles-GAAP) yang menjelaskan bagaimana informasi keuangan harus dilaporkan. Salah satu tugas akuntansi adalah melaporkan data keuangan yang akurat. Tata buku adalah pencatatan transaksi keuangan perusahaan. Perusahaan diharuskan scara berkala melaporkan pendapatan, biaya, dan laba mereka kepada petugas pajak sehingga pajak pelaporan mengacu pada akuntansi keuangan. Diantaranya penafsiran keuangan sebagai berikut:
1.    Pelaporan Kepada Pemegang Saham
Perusahaan public diwajibkan untuk melaporkan kondisi keuangan secara berkala kepada para pemegang saham potensial, kemudian para pemegang saham akan menilai laporan keuangan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dimana mereka berinvestasi.
2.    Pelaporan Kepada Kreditor
Perusahaan juga melaporkan kondisi keuangannya kepada kreditor yang sudah ada atau calon kreditor, kemudian kreditor akan menilai laporan keuangan perusahaan untuk menentukan kemungkinan perusahaan mengalami kegagalan dalam melunasi pinjamannya.
3.    Menjamin Keakuratan
Akuntansi publik menyediakan jasa akuntansi bagi perusahaan yang memperkerjakannya. Akuntansi publik menyediakan jasa akuntansi untuk berbagai macam perusahaan. Lisensi diperlukan untuk praktik akuntan publik.
4.      Dukungan Pengambilan Keputusan
Perusahaan menggunakan informasi keuangan yang dibuat oleh akuntan untuk mendukung pengambilan keputusan. Sebagai contoh, manajer keuangan perusahaan menggunakan informasi historis pendapatan dan biaya untuk pembuatan anggaran. Manajer pemasaran menggunakan informasi penjualan untuk mengtahui dampak atas promosi tetentu. Manajer produksi menggunakan informasi penjualan berdasarkan musim untuk meningkatkan produksi yang diperlukan pada masa mendatang. Jenis aktivitas akuntansi yang dilakukan untuk menyediakan infomasi yang digunakan manajer untuk mengambil keputusan disebut sebagai Akuntansi Manajemen.
5.      Pengawasan
Akuntansi manajemen membantu manajer untuk menegakkan pengawasan informasi akuntansi pada penjualan digunakan untuk mengawasi kinerja. Tugas akuntansi lainnya adalah untuk pengawasan (audit), yang berfungsi menilai kebenaran pencatatan yang diigunakan daam pembuatan laporan keuangan perusahaan. Auditor internal bertugas untuk mengvaluasi berbagai macam devisi dalam perusahaan untuk meyakinkan bahwa mereka beroperasi secara efisien.

V.      PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN
Tujuan laporan keuangn adalah untuk melaporkan pada pengguna yang berkepentingan tentang kondisi dan operasi keuangan perusahaan. Hal yang perlu diperhatikan dalam laporan keuangan adalah laporan laba rugi dan neraca. Selain itu laporan keuangan juga bertujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.[8]
1.         Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi menunjukan pendapatan, biaya, dan laba ditahan selama periode tertentu (seperti triwulan atau tahunan). Penjualan Bersih mencerminkan semua penjualan dikurangi potongan penjualan. Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah biaya bahan yang digunakan memproduksi barang yang dijual. Laba Kotor adalah penjualan dikurangi dengan HPP. dan hal lainnya akan dijelaskan pada tabel berikut:
Contoh Susunan Laba Rugi
Penjualan Bersih

Rp.32,000,000
Harga Pokok Penjualan

RP.23,000,000
Laba Kotor

RP.  9,000,000
Biaya Penjualan
 Rp. 2,500,000

Biaya Umum dan Administrasi
 Rp. 2,200,000

Total Biaya Operasi

RP.  4,700,000
Laba Sebelum Bunga dan Pajak

RP.  4,300,000
Biaya Bunga

RP.     700,000
Laba Sebelum Pajak

RP.  3,600,000
Pajak Pendapatan (30%)

RP.  1,080,000
Laba Bersih

RP.  2,520,000
2.         Neraca
Neraca menunjukan nilai buku dari semua aktiva, kewajiban, dan ekuitas pada waktu tertentu. Semua yang dimiliki perusahaan disebut aktiva. aktiva yang terdapat pada neraca terbagi menjadi aktiva lancar dan aktiva tetap. Aktiva lancar adalah aktiva yang dapat berubah nilai dan jumlahnya dalam satu periode. Aktiva tetap adalah aktiva yang dapat mengalami kemunduran nilai aktivanya karena terjadi penyusutan.  Dalam pengertian ekonomi, semua utang perusahaan disebut kewajiban. Pada sebuah perusahaan sebagian aktivanya merupakan dukungan dana dari pemilik yang disebut ekuitas pemilik (Ekuitas Pemegang Saham). Bagian sisanya didukung dengan pinjaman dari pihak ketiga yang menimbulkan kewajiban. Hubungan ini digambarkan dengan persamaan dasar akuntansi:
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas
Contoh Susunan Neraca
Aktiva


Aktiva Lancar:



Kas
Rp.     250,000


Surat Berharga
Rp.     350,000


Piutang Dagang
Rp.     500,000


Persediaan
Rp.     900,000


  Total Aktiva Lancar

Rp.  2,000,000
Aktiva Tetap:



Bangunan dan Peralatan
Rp.  9,000,000


(Akumulasi Penyusutan)
Rp.  1,000,000


Total Aktiva Tetap

Rp.  8,000,000
Total Aktiva

Rp.10,000,000
Kewajiban dan Ekuitas


Kewajiban Lancar:



Utang dagang
Rp.     650,000


Wesel Bayar
Rp.     450,000


Total kewajiban lancar
Rp.  1,100,000

Kewajiban Jangka Panjang:
Rp.  4,900,000

Total kewajiban

Rp.  6,000,000
Ekuitas:



Saham biasa (5000 /  lmbr, 200 lmbr)
Rp.  1,000,000


Tambahan Modal Disetor
Rp.  1,700,000


Laba Ditahan
Rp.  1,300,000


Total Ekuitas

Rp.  4,000,000
Total Kewajiban dan Ekuitas

Rp.10,000,000

VI.   ANALISA RASIO
Analisa Rasio adalah penilaan hubungan antar variabel laporan keuangan.[9] Perusahaan dapat menilai karakteristik keuangan mereka dengan rasio keuangan perusahaan lainnya yang sejenis. Perusahaan dapat juga melakukan penilaian rasio sepanjang waktu untuk menentukan apakah karakteristik keuangan mengalami kenaikan atau penurunan. Rasio keuangan dapat diklasifikasikan sesuai dengan karakteristik pengukurannya. Klasifikasi tersebut digambarkan sebagai berikut:
1.         Pengukuran Likuiditas
Likuditas merujuk pada kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajban jangka pendek. Tingginya tingkat likuiditas perusahaan dapat meningkatkan keamanan perusahaan, tetapi tingkat likuiditas yang berlebihan juga dapat mengurangi keuntungan perusahaan. Dua jenis pengukuran likuiditas yang umum adalah sebagai berikut:
Rasio Lancar: diperoleh dengan membandingkan aktiva lancer dengan kewajiban lancar. Rasio tersebut didefinisikan sebagai berikut:
Rasio Lancar
Aktiva Lancar

Rasio Lancar
Rp.  2,000,000
= 1.82
Kewjiban Lancar
Rp.  1,100,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 1.60 maka rasio lancarya terlalu tinggi.
Rasio Cepat: memerlukan penyesuaikan dengan rasio lancar. Persediaan tidak mudah diubah menjadi kas, maka harus dikeluarkan pada saat likuiditas. Makin bersar rasio cepatnya maka makin besar likuiditasnya. Rasio tersebut didefinisikan sebagai berikut:
Rasio Cepat
AkLa - persediaan

Rasio Cepat
Rp.  1,100,000
= 1.00
Kewjiban Lancar
Rp.  1,100,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 0.90 maka rasio cepatya terlalu tinggi.
2.      Pengukuran Efisiensi
Rasio efisiensi mengukur bagaimana efisiensi perusahaan mengelola aktivanya. Rasio efisiensi popular dijelaskan sebagai berikut:
Perputaran Persediaan
Perusahaan lebih suka menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi dengan investasi yang rendah pada persediaan karena lebih sedikit dana yang dikeluarkan. Rasio perputaran dapat menggunakan rumus:
Perputaran Persediaan
HPP

Perputaran Persediaan
Rp.23,000,000
= 25.6
Persediaan
Rp.     900,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 16.2 maka Perputaran persediaannya terlalu tinggi.
Perputaran Aktiva
Perusahaan lebih memilih untuk mendukung tingkat penjualan yang tinggi dibandingkan dengan nilai aktiva yang kecil, sehingga mereka dapat memafaatkan aktiva yang mereka miliki. Rasio aktiva dapat menggunakan rumus:
Perputaran Aktiva
Penjualan Bersih

Perputaran Aktiva
Rp.32,000,000
= 3.20
Total Aktiva
Rp.10,000,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 4.11 maka Perputaran aktivanya terlalu rendah.
3.         Pengukuran Leverage Keuangan
Leverage keuangan adalah pengukuran kemampuan biaya untuk meningkatkan laba yang disajikan dalam tingkatan dimana perusahaan menggunakan dana dari pinaman untuk membiayai aktivanya. Perusahaan yang mempunyai pinjaman lebih besar dari ekuitasnya dikatakan mempunyai leverage keuangan yang tinggi dalam pendanaannya. Keadaan ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, namun juga mempunyai resiko yang berbahaya jika kinerja yang memburuk karena perusahaan harus membayar biaya atas hutang perusahaan tanpa memperhatikan tingkat penjualannya.
Dept to Equity Ratio
Dept to equity ratio adalah nilai pendanaan jangka panjang yang disediakan oleh utang terhadap equitas tersebut.
Dept to Euity Ratio
Utang Jangka Panjang

Dept to Euity Ratio
Rp.  4,900,000
= 1.23
Total Ekuitas
Rp.  4,000,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 0.60 maka Dept to Euity Ratio terlalu tinggi.
Rasio Kelipatan Pembayaran Bunga
Mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar bunga. Jika perusahaan mempunyai nilai yang rendah atas laba sebelum bunga dan pajak (Earning Before Interest and Taxes-EBIT) sedangkan biaya bunga sangat besar, penurunan yang kecil pada EBIT pada masa yang akan datang akan menyebabkan perusahaan gagal dalam mengembalikan pinjaman. Sebaliknya, nilai yang tinggi atas EBIT terhadap biaya bunga tahunan walaupun EBIT pada masa yang akan datang akan menurun drastis perusahaan akan tetap mampu menutupi biaya bunga. Hal tersebut dapat dihitung sebagai berikut:
Rasio KPB
EBIT

Rasio KPB
Rp.  4,300,000
= 6.14
Biaya Bunga Tahunan
Rp.     700,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 7.40 maka Rasio Kelipatan Pembayaran Bunga terlalu rendah.
4.      Pengukuran Kemampuan Memperoleh Laba
Menginkasikan kinerja operasi perusahaan dalam periode tertentu. Nilai dolar yang dihasilkan perusahaan dapat diukur dengan penjualan perusahaan, aktiva, atau ekuitas. Rasio yang mengukur hubungan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
Margin Laba Bersih
Pengukuran presentase laba besih dari penjualan.rasio ini mengukur proporsi dari setiap dolar penjualan yang pada akhirnya menjadi laba bersih. Margin ini dapat dihitung dengan rumus:
Margin Laba Bersih
Laba Bersih

Margin Laba Bersih
Rp.  2,520,000
= 0.08
Penjualan Bersih
Rp.32,000,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 0.04 maka Margin Laba Bersih terlalu tinggi.
Laba Atas Aktiva (Return on Assest-ROA)
Perusahaan mengukur presentase laba bersih perusahaan atas jumlah total aktiva yang digunakan perusahaan. Didefinisikan sebagai berikut:
ROA
Laba Bersih

ROA
Rp.  2,520,000
= 0.25
Total Aktiva
Rp.10,000,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 0.16 maka Laba Aktiva terlalu tinggi.
Laba Atas Equitas (Return on Equity)
Mengukur presentase keuntungan pemegang saham atas investasi mereka pada perusahaan. Rasio ini sangat diperhatikan para pemegang saham dan calon investor karena mengindikasikan keuntunganinvestasi pemegang saham. Rsio tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut:
ROE
Laba Bersih

ROE
Rp.  2,520,000
= 0.63
Total Ekuitas
Rp.  4,000,000
Jika dibandingkan rata-rata industri adalah 0.26 maka Laba Ekuitas terlalu tinggi.

VII.     PENDANAAN
1.      Metode-Metode Pendanaan Utang
Perusahaan meminjam dana untuk diinvestasikan pada aktiva-aktiva. Ada beberapa metode yang dapat diuraikan sebagai berikut:
a.    Meminjam dari Lembaga-Lembaga Keuangan
Banyak pinjaman untuk masa tiga tahun atau lebih. Pemilik dana akan menilai kelayakan kredit dari perusahaan melalui beberapa faktor, yaitu penggunaan pinjaman keuangan, kondisi keuangan perusahaan, peramalan tentang kondisi perindustrian, jaminan yang diberikan perusahaan yang digunakan untuk mengembalikan pinjaman. Yang perlu diperhaikan adalah suku bunga, bank akan menentukan rata-rata jumlah suku bunga yang harus mereka setorkan dan ditambah jumlah premi. Suku bunga akan berubah jika tingkat suku bunga umum juga berubah.
b.   Menerbitkan Obligasi
Banyak perusahaan besar yang akan memperoleh dana dengan menerbitkan obligasi (surat utang jangka panjang yang dibeli para investor). Cara ini lebih dipilih perusahaan besar karena tingkat bunga yang lebih rendah. Pemegang obligasi adalah kreditor bukan pemilik perusahaan yang mengeluarkan obligasi. Jumlah yang akan diterima oleh pemegang pada saat jatuh tempo disebut nilai par dari obligasi.
2.      Metode-Metode Pendanaan Ekuitas
a.    Laba ditahan
Sebagai contoh, jika perusahaan memerlukan $10 juta untuk keperluan perusahaandan hanya mempunyai $6 juta keuntungan (setelah pajak), maka perusahaan dapat menahan $6 juta sebagai pendapatan ekuitas dan meminjam sisanya sebesar $4 juta.
b.   Menerbitkan Saham
Berbeda dengan obligasi, saham tidak membayarkan pendapatan yang tetap. Berbeda dengan bunga, deviden tidak harus dibayarkan jika perusahaan tidak mempunyai kas. Ada beberapa keuntungan bagi pemegang saham pada metode ini, yaitu:
1)      Adanya hak residu (sisa) atas pendapatan perusahaan. Residu adalah pendapatan yang tersisa setelah semua kewajiban terbayarkan.
2)      Pemegang saham mempunyai kendali atas perusahaan, misalnya dalam pemilihan direktur.
c.    Going Public
Jika perusahaan kecil ingin memperoleh dana tambahan, maka perusahaan dapat mempertimbangkan suatu penawaran perdana yang disebut going public (penerbitan saham pertama bagi masyarakat).
Bagaimana Perusahaan Menerbitkan Sekuritas
1)      Pembuatan
Bank-bank investasi memberikan saran kepada perusahaan tentang jumlah lembar saham atau obligasi yang akan diterbitkan.
2)      Underwriting
Ketika penawaran sekuritas underwritten, bank investasi akan memberikan jaminan suatu harga harga kepada perusahaan penerbit, tanpa peduli berapa harga sekuritas yang akan terjual.
3)      Distribusi
Perusahaan penerbit harus mendaftarkan penerbitannya kepada securities and exchange commission (SEC).
3.      Metode-Metode Perolehan Dana Lainnya
a.      Pendanaan dari Pemasok
Ketika perusahaan mempeoleh berbagai macam pasokan, perusahaan mungkin mempunyai jangka waktu untuk melunasi tagihan. Pada intinya pemasok memberikan pendanaan bagi perusahaan pada jangka waktu tertentu untuk dilunasi.
b.      Leasing
Beberapa perusahaan lebih memilih untuk penggunaan leasing (menyewa) pada aktivanya. Perusahaan memiliki control penuh atas aktiva tersebut selama periode tertentu. Mereka akan mengembalikan aktiva tersebut pada waktu yang ditentukan dalam kontrak. Dengan menyewa aktiva, perusahaan akan membayar sewa secara periodic tetapi tidak perlu mengeluarkan biaya permulaan yang besar.
BAB III
PENUTUP
I.     Kesimpulan
I.     Kegiatan Manajemen Keuangan
1.       Financing decision untuk kegiatan mencari dana dan mengelolanya.
2.       Investment decision untuk kegiatan mengevaluasi rencana investasi fisik.
3.       Deviden decision untuk kegiatan mengelola surat berharga dan melayani investor.
II.  Ruang Lingkup Manajemen
1.        Manajemen Modal kerja
2.       Manajemen kas
3.       Manajemen Piutang
4.       Manajemen investasi fsik
III.    Penyusun Anggaran
Anggaran diartikan sebagai perencanaan atau penerjemahan sebuah program kerja yang diungkapkan dalam bentuk keuangan.
IV.    Akuntansi Keuangan
1.       Pelaporan Kepada Pemegag Saham
2.       Pelaporan kepada Kreditor
3.       Menjamin Keakuratan
4.       Dukungan Pengambilan Keputusan
5.       Pengawasan
V.       Penyusun Laporan Keuangan
1.       Laporan Laba Rugi
2.       Neraca
VI.    Analisis Rasio
1.       pengukuran Likuiditas
2.       Pengukuran Efisiensi
3.       Pengukuran Leverage Keuangan
4.       Pengukuran Kemampuan Memperoleh Laba
VII. Pendanaan
1.       Metode-Metode Pendanaan Utang
2.       Metode-Metode Pendanaan Ekuitas
3.       Metode-Metode Perolehan Dana Lainnya
DAFTAR PUSTAKA
Bambang Riyanto, Dasar-Dasar Pembelanjan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta, 2001
Basri Indriyo, Manajemen Keuangan, BPFE, Yogyakarta, Edisi 4, 2002
M. Husni Mubarok, Pengantar Bisnis, Nora Media Enterprise, Kudus, 2010
Siti Amaroh, Manajemen Keuangan, Elisa.com, Kudus, 2008
Suyadi Prawirosentono, Pengantar Bisnis Modern, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2002
http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen_keuangan


[1] M. Husni Mubarok, Pengantar Bisnis, Nora Media Enterprise, Kudus, 2010, hal: 168
[2] Suyadi Prawirosentono, Pengantar Bisnis Modern, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2002, hal: 119
[3] Siti Amaroh, Manajemen Keuangan, Elisa.com, Kudus, 2008, hal: 147-155
[4]M. Husni Mubarok, Pengantar Bisnis, Nora Media Enterprise, Kudus, 2010, hal: 169
[5] Siti Amaroh, Op.cit, hal: 45
[6] M. Husni Mubarok, Op.cit, hal: 173
[7] M. Husni Mubarok, Ibid, hal: 172
[8] http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen_keuangan
[9] M. Husni Mubarok, Op.cit, hal: 178

40 komentar:

  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis? Saya direktur perusahaan Anderson, kami menawarkan semua jenis pinjaman, pinjaman perusahaan, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, dan pinjaman bisnis, Jika Anda tertarik pinjaman ini Anda harus email kami melalui email :: :(georgeanderson.loanfirm255@gmail.com).

    BalasHapus
  2. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis? Saya direktur perusahaan Anderson, kami menawarkan semua jenis pinjaman, pinjaman perusahaan, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, dan pinjaman bisnis, Jika Anda tertarik pinjaman ini Anda harus email kami melalui email :: :(georgeanderson.loanfirm255@gmail.com).

    BalasHapus
  3. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak jenis? Pinjaman untuk membersihkan utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda hal
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana ke individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang,
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat yang terjangkau dari 2%. Membiarkan saya menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan kami
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    hamitonhillloanfirm@mail.com

    MASUKKAN DATA ANDA DALAM FORMAT DI BAWAH:

     1) Nama Lengkap: .............................. ............... ..........
     2) Negara: .............................. ................ .............
     3) Alamat: .............................. ................ ............
     4) Negara: .............................. ................ .............. ..
     5) Sex: .............................. ................ .............. ....
     6) Status Pernikahan: .............................. ............... ....
     7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
     8) Nomor Telepon: .............................. ............... ...
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: .....................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................. ...............
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
     12) Pinjaman Durasi: .............................. ............... ...
     13) Tujuan Pinjaman: .............................. ..............
     14) Agama: .............................. ................ ..........
     15) Apakah Anda Terapan sebelum ............................. ....

    Saya menunggu respon cepat Anda segera.

    Terima kasih,
    Mr. Hamiton

    BalasHapus
  4. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak jenis? Pinjaman untuk membersihkan utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda hal
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana ke individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang,
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat yang terjangkau dari 2%. Membiarkan saya menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan kami
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    hamitonhillloanfirm@mail.com

    MASUKKAN DATA ANDA DALAM FORMAT DI BAWAH:

     1) Nama Lengkap: .............................. ............... ..........
     2) Negara: .............................. ................ .............
     3) Alamat: .............................. ................ ............
     4) Negara: .............................. ................ .............. ..
     5) Sex: .............................. ................ .............. ....
     6) Status Pernikahan: .............................. ............... ....
     7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
     8) Nomor Telepon: .............................. ............... ...
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: .....................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................. ...............
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
     12) Pinjaman Durasi: .............................. ............... ...
     13) Tujuan Pinjaman: .............................. ..............
     14) Agama: .............................. ................ ..........
     15) Apakah Anda Terapan sebelum ............................. ....

    Saya menunggu respon cepat Anda segera.

    Terima kasih,
    Mr. Hamiton

    BalasHapus
  5. Halo,
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak jenis? Pinjaman untuk membersihkan hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda telah ditolak oleh
    bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda hal.
    dari masa lalu. Kami meminjamkan dana ke individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang ,.
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat yang terjangkau dari 2%. Membiarkan saya menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan kami.
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email :.
    hamitonhillloanfirm@mail.com

    MASUKKAN DATA ANDA DI FORMAT BAWAH :.

     1) Nama Lengkap: .............................. ............... ..........
     2) Negara: .............................. ................ .............
     3) Alamat: .............................. ................ ............
     4) Negara: .............................. ................ .............. ..
     5) Sex: .............................. ................ .............. ....
     6) Status Pernikahan: .............................. ............... ....
     7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
     8) Nomor Telepon: .............................. ............... ...
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: .....................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................. ...............
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
     12) Pinjaman Durasi: .............................. ............... ...
     13) Tujuan Pinjaman: .............................. ..............
     14) Agama: .............................. ................ ..........
     15) Apakah Anda Terapan sebelum ............................. ....

    Saya menunggu respon cepat Anda segera.

    Terima kasih,
    Mr. Hamiton

    BalasHapus
  6. Halo, nama saya Mia Mulyadi. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Belinda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari RP 700.000.000 (700 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  7. Hamiton bukit

    Halo
    Anda tidak perlu pinjaman mendesak apapun? Pinjaman untuk menghapus utang atau Anda perlu untuk memulihkan dana Anda.
    Untuk meningkatkan bisnis Anda
    Anda telah ditolak dari
    Bank dan entitas keuangan lainnya?
    Anda perlu pinjaman konsolidasi atau hipotek atau tidak?
    Mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda hal.
    Akhirnya, kami pinjamkan ke publik.
    Membutuhkan bantuan keuangan yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang.
    Untuk membayar biaya investasi dalam bisnis dengan tingkat yang wajar dari 2%, saya ingin mengambil ini.
    Sedang untuk memberitahu Anda bahwa kita dapat diandalkan dan memberikan manfaat bantuan dan kami.
    Bersedia meminjamkan uang. Jadi hubungi kami hari ini melalui email.
    hamitonhillloanfirm@gmail.com

    Cukup mengisi rincian Anda dalam formulir di bawah.

    1) Nama lengkap: .............................. ............... ..........
    2) Amerika .............................. ................. ............
    3) Alamat: .............................. ................ ............
    4) menyatakan: .............................. ................ .............. ..
    5) Sex: .............................. ................ .............. ....
    6) Status: .............................. ................ ...
    7) Pekerjaan: .............................. ................ .......
    8) Telepon: .............................. ................ ..
    9) posisi di tempat kerja: .....................
    10) Pendapatan Bulanan: .............................. ............. ..
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .............................. .......
    12) Durasi Pinjaman: .............................. ............... ...
    13) Tujuan pinjaman .............................. ............. .
    14) Agama: .............................. ................ ..........
    15) Anda harus menerapkan sebelumnya. ............................. ....

    Saya menunggu respon cepat Anda segera.

    Terima kasih
    Mr. Hamiton

    BalasHapus
  8. Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    Patriciaberthaloancompany@gmail.com

    Data peminjam

     1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: ............................................................
     3) Alamat: ............................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .................................................
     7) Pekerjaan: .........................................................
     8) Nomor Telepon: .....................................................
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................
     10) Pendapatan Bulanan: ...............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .......................................
     12) Pinjaman Durasi: ..................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..................................................
     14) Agama: ............................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ..........................
     16) mata uang yang dipilih: ...........................................

     Terima kasih,
     
    mrs Bertha

    BalasHapus
  9. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang dalam kebutuhan membantu, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang bagus, atau Anda menemukan sulit untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via email hari ini untuk bantuan seperti (pinjaman, start up uang): sandraloancompany1@gmail.com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11:10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk berpikiran serius dan Tuhan takut orang dalam kesulitan keuangan dan ingin untuk menemukan jalan keluar.

    Anda menyarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu:______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negaramu:____________________

    Pekerjaan Anda:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan:__________________

    Nomor ponsel:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan berada? ...

    BalasHapus
  10. Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
    untuk meningkatkan bisnis Anda?
    Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
    membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
    untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
    media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
    Patriciaberthaloancompany@gmail.com

    Data peminjam
     1) Nama Lengkap: ......................................................
     2) Negara: .........................................................
     3) Alamat: .........................................................
     4) Negara: ............................................................
     5) Sex: ...............................................................
     6) Status Pernikahan: .............................................
     7) Pekerjaan: ...................................................
     8) Nomor Telepon: ................................................
     9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
     10) Pendapatan Bulanan: .............................................
     11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
     12) Pinjaman Durasi: ................................................
     13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
     14) Agama: ......................................................
     15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
     16) mata uang yang dipilih: ...................................................

     Terima kasih,
     mrs Bertha

    BalasHapus
  11. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  12. 100% pembiayaan oleh perusahaan kami dengan tingkat bunga rendah 4%. Kami menawarkan pinjaman kepada individu, organisasi, perusahaan, dll. Proses persetujuan pinjaman kami dengan cepat dan sederhana dapat membantu Anda meminjam uang. Anda bisa menghubungi kami melalui email, Spring-cash2016@outlook.com

    BalasHapus
  13. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya

    BalasHapus
  14. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC
    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  15. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  16. Nama saya Siti dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk meringankan peringatan mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda uang, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sekitar 300 juta dari ibu Juliet dan saya kehilangan sekitar 7 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta saya membayar berkali-kali untuk biaya, saya membayar hampir 7 juta tapi saya tidak mendapatkan pinjaman, tolong jangan hubungi ibu bernama Juliet .
    untungnya bagi saya saya melihat posting blog tentang Helen Spencer yang merupakan pemberi pinjaman yang sah, saya menghubungi Mrs Helen Spencer dan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman 500 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan kecurangan, tetapi untuk mengejutkan saya, saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 30 jam dengan bunga 2% saja tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa saya telah diselamatkan dari kesulitan keuangan, saya meminta Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman di seluruh ASIA dan di seluruh dunia, orang terbaik untuk dihubungi adalah Ny. Helen Spencer dan saya bersumpah kepada ALLAH Maha Kuasa bahwa semua masalah Anda akan berakhir
    jadi saya menyarankan semua penduduk di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Helen Spencer melalui email: (hellenspencerloanfirm@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (sitiagus628@gmail.com)

    BalasHapus
  17. Nama saya Siti dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk meringankan peringatan mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda uang, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sekitar 300 juta dari ibu Juliet dan saya kehilangan sekitar 7 juta tanpa mendapatkan pinjaman, mereka meminta saya membayar berkali-kali untuk biaya, saya membayar hampir 7 juta tapi saya tidak mendapatkan pinjaman, tolong jangan hubungi ibu bernama Juliet .
    untungnya bagi saya saya melihat posting blog tentang Helen Spencer yang merupakan pemberi pinjaman yang sah, saya menghubungi Mrs Helen Spencer dan saya mengajukan permohonan untuk pinjaman 500 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan kecurangan, tetapi untuk mengejutkan saya, saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 30 jam dengan bunga 2% saja tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa saya telah diselamatkan dari kesulitan keuangan, saya meminta Anda semua yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman di seluruh ASIA dan di seluruh dunia, orang terbaik untuk dihubungi adalah Ny. Helen Spencer dan saya bersumpah kepada ALLAH Maha Kuasa bahwa semua masalah Anda akan berakhir
    jadi saya menyarankan semua penduduk di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Mrs Helen Spencer melalui email: (hellenspencerloanfirm@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (sitiagus628@gmail.com)

    BalasHapus
  18. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  19. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  20. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami

    BalasHapus
  21. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY di salah satu blog saya menghubungi ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  22. Apakah Anda memerlukan apa-apa dari pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi?
    Perlu bisnis kredit?
    Apakah Anda ingin membayar tagihan?
    Apakah Anda ingin menjadi finansial stabil?

    Email: jerrymarkloancomapany@gmail.com

    Mengisi formulir aplikasi.
    1) penuh nama:
    2) negara:
    3) status:
    4) Alamat:
    5) sex:
    6) pekerjaan:
    7) jumlah yang diperlukan:
    8) pinjaman durasi:
    9) tujuan pinjaman:
    10) telepon:
    11) pendapatan bulanan:

    Email: jerrymarkloancomapany@gmail.com

    Jerry mark

    BalasHapus
  23. Apakah Anda memerlukan apa-apa dari pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi?
    Perlu bisnis kredit?
    Apakah Anda ingin membayar tagihan?
    Apakah Anda ingin menjadi finansial stabil?

    Email: jerrymarkloancomapany@gmail.com

    Mengisi formulir aplikasi.
    1) penuh nama:
    2) negara:
    3) status:
    4) Alamat:
    5) sex:
    6) pekerjaan:
    7) jumlah yang diperlukan:
    8) pinjaman durasi:
    9) tujuan pinjaman:
    10) telepon:
    11) pendapatan bulanan:

    Email: jerrymarkloancomapany@gmail.com

    Jerry mark

    BalasHapus
  24. We can help you with your application. You can BORROW any amount and use it to pay off all your debts, speak to us and we will assist you. If you where turned down we welcome you to re-apply with us. Try us for real service. We will review the application and keep you informed every step.

    • Loans For Any Purpose?
    • Apply Instantly Now?
    • Your Money In 4 Hours?
    • No Personal Credit CHECKS

    Apply for no credit check loan We are standing by to finance your dream. For more info email us with your loan informations at: opploansLLC@gmail.com

    BalasHapus
  25. Saya mempunyai skor kredit yang sangat rendah jadi percubaan saya untuk meminjam dari Bank telah menolak saya berpecah rata sehingga saya tidak mampu makan tiga hidangan sehari dan juga saya muflis sepenuhnya bahawa nama saya sama dengan kemiskinan saya berhutang hutang dari rakan-rakan saya dan juga dari jerung pinjaman hidup saya berada di bawah ancaman saya terpaksa melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya kerana sifat ancaman yang saya terima daripada mereka yang meminjamkan saya wang Jadi saya terpaksa mencari cara cepat dan segera untuk membayar balik wang dan juga memulakan perniagaan baru percubaan pertama saya adalah sangat dahsyat kerana saya telah ditipu dari Rp5.390.020.00 saya terpaksa berpindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp300.500.00 kepada pemberi pinjaman penipuan sehingga saya turun dari segi kewangan dan emosional kerana ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga kawan saya memaklumkan saya untuk menghubungi e-mel ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahawa saya harus meminta jumlah saya ingin Ibu Iskandar sentiasa menjadi kembali memberikan bantuan kewangan kepada siapa yang pernah memerlukan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam ruang 24 jam cerita saya berubah dengan baik saya membayar semua hutang saya yang belum selesai dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai saya sendiri perniagaan semua terima kasih kepada kawan saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar dalam Jeneral kerana mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Kesopanan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  26. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  27. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 877-8303-2269
    WhatsApp:+62 877-8303-2269
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
    (e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  29. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan dan mereka yang menginginkan kekacauan keuangan dalam hidup mereka, kami memberikan kredit dengan tingkat bunga 2% yang sangat masuk akal, kami memberikan semua jenis pinjaman untuk membantu negara yang mengalami tekanan keuangan. Banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari bantuan keuangan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan bijak untuk Anda sekarang. Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan yang dipermasalahkan. Sebagai pemohon pinjaman, Anda meminta pinjaman dengan perincian kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com (Whatsapp) +2349051288172

    BalasHapus
  30. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  31. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 8 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya dari 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Nyonya Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan berhati-hatilah

    BalasHapus
  32. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan saya tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang merupakan CEO dari Maria Loan. perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk nona Maria telah membuat hidup adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243-8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semuanya.

    BalasHapus
  33. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan saya tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang merupakan CEO dari Maria Loan. perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk nona Maria telah membuat hidup adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243-8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semuanya.

    BalasHapus
  34. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda memerlukan uang mendesak untuk penggunaan pribadi, apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda pernah ditipu sebelumnya dan masih butuh uang? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu. Cari lagi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga 2% rendah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami aman, asli, dan 100% dijamin dan dijamin. Tertarik, hubungi saya sekarang melalui email; (marielagonzalezloan@gmail.com)

    BalasHapus
  35. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  36. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang sangat asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Nyonya Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM cukup hubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ny. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  37. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  38. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  39. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis. Semua yang saya dapatkan adalah banyak penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka. dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi, berhubunganlah dengan cepat (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  40. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus

daftar populer